Kamis, 21 Maret 2013

The Croods, Keluarga Liar Nan Romantis


Oleh : Arbai Kediri

Rasanya ahli sejarahpun pun cukup sulit memberi gambaran utuh tentang tata dan cara kehidupan manusia purba. Kalau sudah demikian maka tidak perlulah membahas mendalam sisi lemah dan sisi kurang penggambaran keluarga Crood, keluarga tahan banting yang hidup dalam sebuah gua lengkap dengan lingkungannya yang ganas.
 
The Croods mengisahkan sang kepala keluarga Grug (Nicolas Cage) dan istrinya, Ugga (Catherine Keener) yang hidup bersama ketiga orang anaknya, Eep (Emma Stone), Thunk (Clark Duke), Sandy (Randy Thom), dan ibu dari Ugga, Gran (Cloris Leachman).

Upaya sutradara, Kirk De Micco dan Chris Sanders, untuk menghadirkan kedahsyatan dan kengerian bencana alam memang terasa kurang menggigit. Namun hal ini cukup terbayar dengan tingkah lucu anggota keluarga Crood dalam berburu makanan yang mesti diperjuangkan dengan pontang-panting dan tunggang langgang. Dan aksinya jauh lebih keren dari permainan olah raga rugby. Telur burung  yang mereka buru juga diincar oleh makhluk liar lainnya yang entah sudah berapa lama berpuasa. Untuk aksi yang satu ini, penonton dipaksa menahan nafas, tangan dan kaki musti didekap (biar tidak ikutan mancal-mancal) dan berakhir dengan ketawa lepas.

Tidak ada tokoh antagonis ! Catat itu ! Atau memang perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme tidak dikenal di keluarga primitif. Sehingga kalaupun ada sedikit konflik, itu tidak lebih dari upaya kepala keluarga dalam melindungi keluarganya versus seorang anaknya yang “bandel” akibat dari rasa ingin tahunya.

Sisi romantis jelas ada. Seliar apapun perilaku keluarga, hubungan orang-tua dengan anak-anaknya adalah hubungan kasih sayang yang tidak terbantahkan. Dan itu adalah romantis !

Baca juga : 

Cara Mudah Mengingat Nilai Sudut Istimewa......baca selengkapnya
Hyperlink Excel untuk Pengelolaan Dokumen ......baca selengkapnya
Try Out SMP/MTs UN 2013 di MA Ma'arif ........baca selengkapnya
Trilogi Brawijaya .....baca selengkapnya
Cara Membuat Efek Balon pada Power Point .... baca selengkapnya

Tidak ada komentar: