Sabtu, 23 Juni 2012

PARE, KOTA KECIL BERKAPASITAS JUMBO
(Fakta Unik dan Menarik)
Oleh : Arbai Kediri

Kalau berkunjung ke Kabupaten Kediri, maka wajib hukumnya menengok Kecamatan Pare (ejaan lama : Paree).  Kota kecil yang berjarak 25 km dari Kota Kediri dan 120 km dari Kota Surabaya ini memang lain dari yang lain. Beberapa fakta unik ada di kota yang pernah diwacanakan sebagai ibukota kabupaten ini.
  1. Tempat fasilitas Kabupaten Kediri berada. Beberapa fasilitas kabupaten berkumpul di kecamatan ini. Yaitu : Rumah Sakit Umum Daerah Pelem, Stadion Canda Bhirawa, Taman Makam Pahlawan, Masjid Agung An-Nur, Pasar Pamenang Pare, Pasar Sayur Pare, Kantor Cabang PMI, Pemadam Kebakaran, Perpustakaan Mastrip, tempat wisata corah Canda Bhirawa, Kantor Pos Pare, Kantor Telkom, serta Polres Kediri di Pare.
  2. Tempat sekolah favorit. Sebut saja SDN Pare I (RSBI), SMPN 2 Pare (RSBI), MTsN Pare (Model), SMAN 1 Pare, SMAN 2 Pare (RSBI). Sekolah-sekolah ini setiap tahun diserbu pendaftar bukan saja dari Pare, tapi juga dari kecamatan lain. Sekolah swasta berkapasitas jumbo milik pemda juga ada di kota ini yaitu SMK Canda Bhirawa dan SMP-SMA Dharma Wanita.
  3. SMK bisa !. Bukan hanya sekolah "umum" saja yang ada di Pare. Sekolah kejuruan pun  tumbuh subur. Ada SMK (STM) Canda Bhirawa, SMK (STM) Kosgoro, SMK Bhakti Mulia, SMK (SMEA) Tujuh Belas dan SMK Yapenkop.
  4. Terdapat kampung Inggris. Di Desa Pelem dan Tulungrejo  ada puluhan lembaga kursus Bahasa Inggris yang dikunjungi siswa dari Sabang hingga Merauke. Rata-rata masa belajar 6 bulan, kecuali untuk program liburan hanya 2 minggu. Sebagian besar menerapkan metode tradisional, yaitu membaca-menghafal-mempraktekkan. Salah satu yang terkenal adalah BEC yang dipimpin oleh Mr. Khallen. Tidak jarang, dalam waktu 1 jam pendaftaran 8 kelas/rombel sudah terisi penuh !
  5. Fasilitas Rumah Sakit. Disamping RSUD Pelem, ada RS HVA Toeloengredjo, RS Amelia, Rumah Sakit Bersalin Kasih Bunda dan Rumah Sakit Bersalin Nuraini. Rumah Sakit tersebut menampung ribuan pasien baik dari Kediri maupun luar Kediri.
  6. Sekolah tinggi. Beberapa sekolah tinggi ada di kota ini, yaitu  Akper-Aksi Dharma Husada, Akper-Akbid Pamenang, Akper Bhakti Mulia, STIE Canda Bhirawa, STAI Hasanudin Jombangan dan Inti Komputer (D1). Khusus Akper-Aksi Dharma Husada sejak awal banyak diminati mahasiswa Indonesia timur.
  7. Golkar tidak pernah menang. Konon saat jaya-jayanya Golkar era orde baru, hampir semua kecamatan di kabupaten Kediri dimenangi oleh Golkar di setiap pemilu. Tapi itu tidak terjadi di Pare. Pare dikuasai pemilih dari partai PPP (masa orde baru) dan PKB (masa reformasi). Intinya, Golkar tidak pernah menang di Kecamatan Pare !
  8. Kota Adipura. Sebagai kota binaan kabupaten, Kota Pare menjadi andalan untuk penilaian kota bersih kategori kota kecil. Di tahun 2012 ini pun Kota Pare kembali meraih Piala Adipura.
  9. Kelurahan Pare. Kecamatan Pare terdiri dari 9 desa dan 1 kelurahan. Kelurahan Pare adalah satu-satunya kelurahan yang ada di Kabupaten Kediri.
  10. Pusat Perbelanjaan. Disamping Pasar Pamenang, bermunculan pusat perbelanjaan yaitu Indomaret, Alfamaret, Latansa, TOP swalayan, Apollo, Bandung Mode, Toko Obral dll. Jalan Raya Mastrip sering diidentikan dengan Jalan Doho Kota Kediri.
  11. Fasilitas Penginapan. Tamu yang berkunjung ke Kota Pare tidak perlu bingung mencari tempat menginap. Beberapa hotel (non bintang) yang ada di Pare adalah Hotel Surya Pare, Hotel Kediri I dan Hotel Amanda. Ketiganya berada di dekat pusat keramaian kota.
  12. Wisata Kuliner. Layaknya kota dengan mobilitas tinggi, kuliner pun akan turut berkembang secara dinamis. Di Pare ada Rumah Makan 22 (1) dan (2), Rumah Makan Setia Rasa (Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima), Ayam Kampung Bu Endang, Nasi Pecel Jombangan dan Pujasera di seputaran stasioon Pare.
Itulah fakta unik dan menarik Kota Pare. Tentu masih ada beberapa yang terlewatkan, tapi setidaknya dapat dijadikan potret awal bagi yang berminat mengunjungi.


Foto Masjid An-Nur Pare by muslimahsakura90.wordpress.com

4 komentar:

marvine mengatakan...

subhanallah, ijin share ya.
Thanks.

FISIKA - ARBAI mengatakan...

marvine > silakan, terima kasih kunjungannya

setiono mengatakan...

Saluut bro...!

FISIKA - ARBAI mengatakan...

Pak Setiono > Saluut untuk Generasi Perintis dan Generasi Penerus Kota Pare