Selasa, 07 Oktober 2014

[Gemes Soal UN]


Bukan mau berpolemik ala 6 x 4 versus 4 x 6 seperti tempo hari, tapi matematika yang ini memang sempat membuat saya gemes bin geregetan. Soal matematika Ujian Nasional SMP/MTs 2013-2014 no 21 sbb :


Perhatikan gambar kapal layar !
Sembilan puluh lima persen komoditas perdagangan dunia melalui sarana transportasi laut, dengan menggunakan sekitar 50.000 kapal tangker, kapal-kapal pengirim, dan pengangkut barang raksasa. Sebagian besar kapal-kapal ini menggunakan bahan bakar solar.
Para insinyur berencana untuk membangun tenaga pendukung menggunakan angin untuk kapal-kapal tersebut. Usul mereka adalah dengan memasang layar berupa layang-layang ke kapal dan menggunakan tenaga angin untuk mengurangi pemakaian solar serta dampak solar terhadap lingkungan.
Dari hal tersebut, berapa kira-kira panjang tali layar dari layang-layang agar layar tersebut menarik kapal pada sudut 45 derajat dan berada pada ketinggian vertikal 150 m, seperti yang diperlihatkan pada gambar ?


A. 175 m
B. 212 m
C. 285 m
D. 300 m


Soal di atas mengandung dua kelemahan :
Pertama, redaksional soal terlalu panjang. Soal matematika terapan ini menyajikan data-data yang tidak perlu, bahkan menyamarkan fokus permasalahan.


Kedua, substansi soal tidak ditindaklanjuti dengan pilihan jawaban yang bijaksana. Penyelesaian soal dengan Teorima Phitagoras maupun aturan cosinus (catatan : materi trigonometri tidak dipelajari di SMP/MTs) menghasilkan angka akar kwadrat yaitu 150V2 meter. Terkait penggunaan mesin kalkulator dan tabel trigonometri tidak diperkenankan maka jawaban soal haruslah berupa "angka cantik".
Semoga soal semacam ini tidak muncul lagi di Ujian Nasional 2014-2015.


Cerita lain klik di sini

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)