Kamis, 29 Oktober 2015

[UNGGAH FOTO/VIDEO]


https://www.youtube.com/watch?v=fqJCwJvpBps
Sebuah pesan beredar di fb, jangan gampang-gampang mengunggah foto atau video di media sosial. Salah-salah dimanfaatkan pihak lain untuk melakukan tindak kriminal. Alih-alih bernasis ria, justru celaka yang didapat. Ah yang bener! Hlo iya, saya ada pengalaman tentang hal itu.
Ilustrasi sederhana, sebuah keluarga sedang liburan. Di tengah jalan ketemu view bagus. Jeprat - jepret jeprat - jepret, langsung unggah dengan caption " OTW ke puncak bersama keluarga ". Dan selang beberapa menit coment pun bermunculan, ada yang memuji, bertanya nginap dimana, kapan pulang dll.
Nun di suatu tempat, si polan yang selama ini menunggu kesempatan melakukan aksi kejahatan langsung bersiap-siap. Status OTW bagai proklamasi bahwa rumah kita kosong, dan berbagai coment dan jawabannya merupakan data yang amat berharga bagi si polan.
Atau, foto siupik yang lagi berseragam sekolah kita unggah di instagram dengan caption " Siap berangkat ke SDN Kencong 2 ". Senang sih kalau fotonya banyak yang ngelike. Tapi tanpa sadar kita telah mengobral identitas anak-anak kita ke halayak ramai. Terus kalau ada yang berniat berbuat jahat, bukankah akan lebih mudah mengeksekusinya?
Unggahan foto sama dengan status. Keduanya dapat berbicara banyak. Dan keduanya juga bisa dimanfaatkan si polan untuk menyusun strateginya. Status yang bisa membawa dampak yang tidak kita inginkan misalnya, "home alone", "sepi gak ada teman", "alhamdulillah, kalau rejeki gak akan kemana", "transaksi kelar, goodbye si-merah", "antri di ATM", dll.
Tentu saja tidak ada larangan untuk menulis status alay atau unggah foto narsis. Tapi sebelum dilakukan mestinya sudah melewati pertimbangan- pertimbangan tertentu untuk menghindari dampak negatifnya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari akibat bermedia sosial dengan sembrono.
Tempo hari aku upload video di youtube, tentang ikan koi di kolam baru. Lengkap dengan diskripsi ukuran kolam, letak kolam, jumlah populasi koi, komet & lemon kuning. Buat asik-asikan saja, tanpa mikir terlalu jauh akibatnya.
Namun yang terjadi berikutnya adalah diluar kuasaku. Nun di suatu tempat, seekor meong yang sedang buka-buka youtube menyeringai sadis. Dan tepat sehari setelah video terunggah, seekor koi favoritku "diculik" si meong. Simeong membantainya dan menelannya mentah-mentah! Ohhh...


Cerita yang lain klik di sini !

Tidak ada komentar: